Senin, 07 September 2009

Kurangi Beban Tas Sekolah Anak

Switch to Bahasa Inggris

Tahukan ibu bahwa tas ransel sekolah dapat membeban anak. Tetapi banyak yang tidak menduga bahwa penggunaan tas ransel juga harus tepat agar tidak melukai anak itu sendiri. “Jika terlalu berat dan dipakai dengan cara tidak tepat, tas ransel akan menyebabkan otot anak tertarik dan persendian terganggu dan masalah ini sangat serius untuk pertumbuhan anak”, ungkap Paula Kramer dari Therapy Department University of the Sciences in Philadelphia.

Selama tahun 2006, di Amerika terdapat 7300 kasus atas penggunaan ransel sekolah. Untuk itu Kramer memberikan tips-nya untuk memilih dan menggunakan tas ransel dengan benar:
• Ukuran tas ransel harus sesuai dengan postur dan usia anak. Anak dengan badan kecil dan usia kecil harus menggunakan tas ransel yang kecil pula. Cangklongan tas juga harus dibuat dari bahan yang lembut. Anak juga harus dimungkinkan menengok ke belakang tanpa tertutup oleh tas ransel.
• Pertimbangkan memilih tas ransel dengan kait bersilang di depan agar beban ransel tersalur secara seimbang dan merata.
• Beban berat ransel harus dilektakkan/dimasukkan dalam tas pada posisi paling dekat dengan punggung. Beban maksimum yang diangkat tidak boleh lebih dari 10 sampai 15 persen berat anak.
• Pastikan anak selalu memakai tas ransel dengan benar, dengan kedua cangklongan yang dipakai. Jika dengan terpaksa cangklongannya hanya satu, maka pastikan beban tas terdistribusi seempurna.

healthday


Tidak ada komentar:

Posting Komentar