Selasa, 28 April 2009

Yang Perlu Dipahami Dari Flu Babi

Switch to Bahasa Inggris

Tidak disangka, penyakit yang tak pernah disebut ini telah menjadi penyakit yang mematikan di Meksiko dan menyebabkan kepanikan yang luar biasa di belahan dunia yang lain. Beberapa pemerintah negara yang secara geografis berdekatan dengan Meksiko sudah mengeluarkan pernyataannya agar warganya jangan panik sementara mereka mengambil langkah-langkah yang diperlukan.

Dr. Richard Besser dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menjelaskan apa yang perlu diketahui oleh masyarakat mengenai flu babi ini. (disajikan dalam tanya jawab)


T: Bagaimana cara melindungi diri dan keluarga saya?
J: Untuk saat ini, bersikap waspada lebih baik. Tutup mulut saat batuk dan bersin dengan sapu tangan. Sering mencuci tangan, jika sabun dan bila tidak tersedia air gunakan jel antiseptik yang banyak tersedia di pasaran. Tetapi tinggal di rumah jika anda sedang sakit dan jaga anak-anak dari sekolah jika rumah mereka jika mereka juga sakit.
T: Bagaimana cara yang mudah untuk tertular virus ini?
J: Para ilmuwan belum dapat menjelaskan seberapa ganas flu babi ini. Hanya saja secara umum penularannya terjadi melalui batuk atau bersin – untuk itu penting mencuci tangan yang digunakan menutup batuk atau bersin. Virus babi sendiri dapat hidup beberapa jam dalam kondisi suhu lingkungan.
T: Di Meksiko, para petugas menggunakan masker wajah. Apakah saya perlu menggunakannya juga?
J: CDC mengatakan belum ada bukti yang menyatakan bahwa masker dapat membantu mengurangi penularan. Yang terpenting adalah menghindari kontak dekat dengan seseorang yang sakit dan menghindari keramaian di mana flu babi adalah yang diketahui penyebarannya. Tetapi jika terpaksa anda harus berada di situasi tersebut, CDC menyarankan untuk menggunakan masker wajah
T: Apakah flu babi dapat disembuhkan?
J: Ya, dengan obat flu Tamiflu atau Relenza. tetapi tidak dengan obat selain itu.
T: Apakah saya dapat meminum Tamiflu sebagai pencegahan jika saya belum tertular?
J: Tidak. Gunakan saat Anda telah tertular saja. Dr Marc Siegel dari Universitas New York Langone Medical Center mengatakan, " Penggunaan yang tidak terkontrol dari obat antivirus dapat membantu kuman menjadi resisten terhadap obat itu sendiri.
T: Berapa besar risiko saya tertular?
J: Untuk sebagian besar orang, sangat rendah, kecuali bila anda pernah berada di Meksiko beberapa waktu lalu.
T: Apakah saya harus saya membatalkan rencana perjalanan ke Meksiko?
J: Pemerintah Indonesia telah sendiri telah mengeluarkan travel warning sebagaimana Amerika Serikat, sebaiknya urungkan dan tunda dahulu.
T: Apa saja gejala flu babi ini?
J: Pada dasarnya mirip dengan flu biasa - demam, batuk, sakit tenggorokan, nyeri tubuh, sakit kepala, panas dingin dan kelelahan. Beberapa orang juga diare dan muntah-muntah.
T: Apakah ada vaksin untuk mencegah infeksi baru ini?
J: Tidak. Untuk sementara belum tersedia
T: Berapa lama ia akan mengambil untuk memproduksi vaksin?
A: Dalam beberapa bulan. CDC Amerika telah menciptakan apa yang disebut "pembenihan" agar vaksin dapat segera diproduksi.
T: Amankan memakan babi?
J: Untuk sementara Ya, Virus babi diketahui tidak menyebar melalui makanan.

1 komentar:

  1. Assalamu'alaikum
    Allah Maha Tahu akan segala ciptaan Makluknya baik yang nampak atau tidak nampak oleh mata kita. Nah..Dalam Islam kita sudah jauh-jauh hari untuk menjauhi bintang "BABI" ini atau mengharamkan untuk mengkonsumsinya. Ada Fakta Ilmiah mengapa Islam mengharamkan Babi ini. Mungkin anda ingin tau lebih jauh : Silahkan berkunjung :http://pantjasurya.wordpress.com/2009/04/27/fakta-ilmiah-mengapa-islam-mengharam-babi/
    wassalam

    BalasHapus